Gigi Putih = Senyum Menawan

mimin MAJOUR STORIES1 Comment

Kalau mendengar kata behel atau kawat gigi mungkin semua sudah pada tahu fungsi dan kegunaannya. Tetapi kalau bleaching gigi gimana? Bleaching tubuh dan rambut sih pernah, tapi kalo bleaching gigi nih aku baru

denger (hehe..). Dan tindakan ini sudah menjadi  tren sekaligus juga tindakan kosmetik gigi loh. Wah hebat ya, dan inilah yang mau saya angkat dalam tulisan minggu ini. Membahas tentang kesehatan gigi kayaknya seru deh dengan saling berbagi ilmu yg kita tau.

Gigi yang rapi dan juga putih akan berpengaruh pada penampilan dan senyuman. Tapi kalau gigi berwarna kecoklatan atau kehitaman pasti biasanya mengurangi rasa percaya diri. Sekarang tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada cara untuk mengatasinya, yaitu melalui bleaching. Bleaching ini adalah teknik di kedokteran gigi yang dapat membuat gigi menjadi lebih cerah.

Tapi apa sih sebenarnya yang membuat perubahan warna pada gigi? Setiap gigi biasanya memiliki ciri khas warna berbeda walaupun tidak terlalu berbeda. Perubahan warna terjadi pada lapisan email ataupun dentin dari gigi, dan menurut sumber yang saya baca ada dua jenis pewarnaan, yaitu ekstrinsik dan ekstrinsik.

Pewarnaan ekstrinsik terjadi pada email, biasanya terjadi karena makanan dan minuman seperti nikotin dari rokok. Pada email itu terdapat celah-celah yang bisa menyerap zat warna tersebut. Dan untuk faktor intrinsik disebabkan oleh obat-obatan seperti antibiotik tetrasiklin.

Teknik bleaching ada 2 macam yaitu bleaching di dalam dan bleaching di luar tergantung dari vital atau tidaknya gigi. Kalau bleaching di luar dilakukan pada gigi yg masih vital. Sedangkan bleaching di dalam dilakukan pada gigi yang sudah mati.

Warna gigi kembali dengan berbagai kebiasaan yang dapat menyebabkan perubahan warna seperti yang tadi disebutkan di atas, walaupun warnanya tidak segelap warna semula. Tetapi sayang  kan kalau sudah melakukan perawatan, tapi malah di rusak lagi dan akhirnya harus di bleaching lagi.

YEP!ers, harus ingat kalau tidak semua gigi dapat diputihkan dengan bleaching. Semakin gelap warna gigi maka akan semakin sulit pula untuk dihilangkan dan juga butuh waktu yang lama. Tapi tidak perlu khawatir karena ada cara lain seperti labial venering yaitu berupa pelapisan bagian depan gigi dengan resin komposit/porselain untuk menutup menutup warna gelap sehingga tampak lebih putih.

Tapi sebelumnya kita juga harus tahu, apa efek samping dari bahan yg digunakan dan bagaimana melakukan pencegahan efek samping yang ditimbulkan. Oleh karena itu, jangan sembarangan melakukan pemutihan gigi ini, tetapi lakukan perawatan

ini di dokter ahlinya…

Menarik juga ya YEP!ers kalau membahas masalah kesehatan gigi. Saya berharap ini semua dapat menambah wawasan kita tentang hal-hal baru di dunia kedokteran saat ini. Semoga ini semua berguna ya buat teman2. Jadi sayangilah gigi kita masing2… Jangan dirusak ya dengan kebiasaan kita yang buruk.^^

Writer: Meriny Christina (Project Team Member of YEP!)

One Comment on ““Gigi Putih = Senyum Menawan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *